Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 18 Januari 2014

TIPS BERMAIN GOLF: Cara Berdiri & Mengenal Grip

1 komentar

TIPS BERMAIN GOLF: Cara Berdiri & Mengenal Grip

Cara berdiri dalam golf dikenal dengan istilah stance. Stance bergantung pada tongkat yang dipakai. Dimulai dengan jarak kaki sempit dan agak membuka untuk tongkat wedge, jarak tersebut makin melebar dan tidak lurus dengan sasaran.

Perubahan posisi kaki ini terjadi karena kaki kanan bergeser terus sesuai panjangnya tongkat yang dipakai.

Awalnya, posisikan tumit kaki kiri lurus dengan bola. Kaki kiri ini diam, sedangkan yang mengatur jarak nyaman ialah kaki kanan. Biasanya, jarak antara kedua kaki tidak melebihi lebar bahu.

Untuk driver, tongkat yang dipakai untuk pukulan drive, stance-nya adalah tegak lurus dengan sasaran dan jarak rentangan kaki kira-kira selebar bahu.

Stance yang benar memungkinkan Anda dapat memakai keseluruhan tubuh untuk memberikan keseimbangan pada setiap tongkat yang Anda pakai.

Selain kedua kaki, teknik stance menekankan pada bagian kepala. Posisi kepala Anda tidak boleh bergerak ke belakang atau ke depan, demikian pula dengan atas atau bawah. Bila bergerak ke arah tersebut, kontrol terhadap pukulan Anda akan menghilang. Kepala diibaratkan sebagai pusat putaran dari pukulan yang akan Anda lakukan.

Mengenal grip
Apapun tujuan Anda bermain golf, bagaimanapun baiknya permainan Anda, hasil permainan selalu naik turun, tergantung pada penguasaan Anda pada dasar-dsar permainan golf.

Menurut Jack Nicklaus, pegolf asal Amerika, ketepatan tidak bisa digantikan dengan apapun, karena itu dia selalu menekankan pentingnya penguasaan dasar-dasar.

Ketepatan dimulai pada tangan, atau lebih tepatnya grip (cara tangan memegang tongkat pemukul). Tidaklah soal cara mana yang Anda pilih, yang jelas grip adalah kunci untuk swing yang baik untuk mencetak angka.

Berikut macam grip tersebut menurut Jack Nicklaus dalam bukunya Menuju Permainan Golf yang lebih baik.

Interlocking

Gaya ini disebut juga saling kunci. Penggunaanya telunjuk tangan kiri dikaitkan dengan kelingking tangan kanan. Biasanya digunakan oleh orang yang bertelapak tangan kecil.

Overlaping

Gaya ini disebut juga saling tindih. Kelingking tangan kanan diletakan di atas tangan kiri diantara telunjuk dan jari tengah. Perbedaannya dengan gaya interlocking ialah, tidak ada jari yang saling mengait, hanya menindih saja.

Baseball/ fullfinger

Kesepuluh jari diletakan langsung pada tongkat pemukul.

Setelah memelajari dan mencoba jenis-jenis grip tersebut, pilihlah satu gaya yang cocok menurut Anda ataupun pelatih. Kemudian, pakailah grip tersebut terus-menerus, jangan pernah diganti. Selamat mencoba! (dari berbagai sumber/m04/yri)


1 komentar:

breatphit1990 mengatakan...

thx infonya ... Semoga Post nya makin maju ya..

judi online

Posting Komentar

Postingan Populer